Selasa 21 Juni 2011 merupaka hari dimana akan dilaksanakan Presentasi Tekkom( Teknik Komunikasi ). Hari ini menjadi hari yang sangat penting buat semua kelompok-kelompok Tekkom di kelas kami ( Kelas A Planologi Undip 2010). Bisa juga dibilang sebagai hari yang bersejarah untuk kelompok 7 dan kelompok Tekkom lainnya, hari ini dimana akan ditentukan bagaimana nasib (nilai) kami.
Hari itu yang menentukan buat crew di grup 7, karena di hari itu peluncura film "7 Wonders of Central Java", seru kan..... makanya kami harus menyiapkan segala sesuatu agar peluncuran film ini berjalan lancar. Amien..... Persiapan mulai dari pembuatan banner yang sudah siap buat di print sampai dengan editing terakhir untuk film biar besok saat diluncurkan hasilnya bener-bener memuaskan. Selain itu pembukuan draf konsep dari film pun sudah selesai, tinggal pada persiapan untuk presentasi dari masing-masing crew grup7. Minta doanya yah temen-temen biar presentasi besok kita grup7 berhasil dan berjalan dengan lancar..... Matur nuwun....
Menurut Kelompok Kami Cara Presentasi Yang Baik :
Panduan cara sederhana untuk Melakukan Presentasi Yang Baik dan Efektif. Apa yang dimaksud dengan Keterampilan Melakukan Presentasi? Keterampilan melakukan presentasi yang baik merupakan perpanjangan dari keterampilan komunikasi yang baik. Komunikasi merupakan proses dua arah: pesan harus disampaikan dengan jelas namun prosesnya hanya akan menjadi lengkap bila Anda merasa yakin bahwa pesan Anda telah diterima dengan baik dan dipahami.
Apa perbedaan antara presentasi yang baik dan yang buruk? Memberikan presentasi yang baik adalah mudah bila anda mengetahui karakteristik yang memisahkan antara presentasi yang baik dan presentasi yang buruk. Bandingkan karakteristik di bawah ini :
Presentasi yang baik
Energi dan penuh semangat
Kontak mata dengan audiens
Berbicara dengan jelas dan cukup keras
Sesekali bergerak saat berbicara
Menggunakan anekdot dan humor yang sesuai
Mengenakan pakaian yang serasi
Argumen-argumen terstruktur dengan baik
Slide dapat dibaca
Tipe slide bervariasi
Tidak lebih dari 1 slide per menit
Variasi teknologi lain, misalnya video
Selesai tepat waktu dan sediakan waktu untuk Tanya jawab.
Presentasi yang buruk
Tujuan tidak jelas
Postur tubuh kurang baik, tidak ada kontak mata, dan berbicara dengan suara yang monoton
Pengulangan yang tidak perlu (dalam presentasi atau dari pembicara sebelumnya)
Kurang persiapan
Terlalu rumit/sederhana bagi audiens
Terlalu banyak slide
Slide tidak dapat dibaca
Penggunaan efek-efek teknis Power Point yang berlebihan
Penggunaan warna yang buruk pada slide
Pengunaan peralatan teknis yang keliru
Melebihi waktu yang dialokasikan untuk presentasi anda.
komponen-komponen dari presentasi yang baik
Suatu presentasi dapat dibagi menjadi tiga bagian, dengan masing-masing kumpulan pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum saat presentasi.
I. Pendahuluan
Bagaimana cara Anda membina hubungan dengan audiens?
Bagaimana cara Anda menangkap perhatian audiens? Akankah Anda menggunakan kutipan, gambar, fakta atau kisah?
Apa maksud presentasi Anda dan bagaimana anda akan menyatakannya dengan jelas di awal pembicaraan sehingga audiens tahu apa yang akan disampaikan pada mereka?
II. Isi presentasi
Apakah urutan logis untuk topik yang ingin Anda cakup dan dapatkah Anda membuat alur atau cerita untuk membantu audiens memahami arah presentasi anda?
Apa 3-5 butir kunci yang ingin Anda sampaikan dan bagaimana cara Anda menggunakan data atau ilustrasi untuk menyampaikan butir-butir tersebut pada audiens?
Bagaimana cara Anda meringkas butir-butir Anda, dan kemudian beralih ke bagian berikutnya dari presentasi Anda?
III. Ringkasan
Ringkas semua butir kunci.
Ilhami audiens untuk menggunakan informasi yang Anda sampaikan.
Menurut Kelompok Kami Cara Presentasi Yang Baik :
Panduan cara sederhana untuk Melakukan Presentasi Yang Baik dan Efektif. Apa yang dimaksud dengan Keterampilan Melakukan Presentasi? Keterampilan melakukan presentasi yang baik merupakan perpanjangan dari keterampilan komunikasi yang baik. Komunikasi merupakan proses dua arah: pesan harus disampaikan dengan jelas namun prosesnya hanya akan menjadi lengkap bila Anda merasa yakin bahwa pesan Anda telah diterima dengan baik dan dipahami.
Apa perbedaan antara presentasi yang baik dan yang buruk? Memberikan presentasi yang baik adalah mudah bila anda mengetahui karakteristik yang memisahkan antara presentasi yang baik dan presentasi yang buruk. Bandingkan karakteristik di bawah ini :
Presentasi yang baik
Energi dan penuh semangat
Kontak mata dengan audiens
Berbicara dengan jelas dan cukup keras
Sesekali bergerak saat berbicara
Menggunakan anekdot dan humor yang sesuai
Mengenakan pakaian yang serasi
Argumen-argumen terstruktur dengan baik
Slide dapat dibaca
Tipe slide bervariasi
Tidak lebih dari 1 slide per menit
Variasi teknologi lain, misalnya video
Selesai tepat waktu dan sediakan waktu untuk Tanya jawab.
Presentasi yang buruk
Tujuan tidak jelas
Postur tubuh kurang baik, tidak ada kontak mata, dan berbicara dengan suara yang monoton
Pengulangan yang tidak perlu (dalam presentasi atau dari pembicara sebelumnya)
Kurang persiapan
Terlalu rumit/sederhana bagi audiens
Terlalu banyak slide
Slide tidak dapat dibaca
Penggunaan efek-efek teknis Power Point yang berlebihan
Penggunaan warna yang buruk pada slide
Pengunaan peralatan teknis yang keliru
Melebihi waktu yang dialokasikan untuk presentasi anda.
komponen-komponen dari presentasi yang baik
Suatu presentasi dapat dibagi menjadi tiga bagian, dengan masing-masing kumpulan pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum saat presentasi.
I. Pendahuluan
Bagaimana cara Anda membina hubungan dengan audiens?
Bagaimana cara Anda menangkap perhatian audiens? Akankah Anda menggunakan kutipan, gambar, fakta atau kisah?
Apa maksud presentasi Anda dan bagaimana anda akan menyatakannya dengan jelas di awal pembicaraan sehingga audiens tahu apa yang akan disampaikan pada mereka?
II. Isi presentasi
Apakah urutan logis untuk topik yang ingin Anda cakup dan dapatkah Anda membuat alur atau cerita untuk membantu audiens memahami arah presentasi anda?
Apa 3-5 butir kunci yang ingin Anda sampaikan dan bagaimana cara Anda menggunakan data atau ilustrasi untuk menyampaikan butir-butir tersebut pada audiens?
Bagaimana cara Anda meringkas butir-butir Anda, dan kemudian beralih ke bagian berikutnya dari presentasi Anda?
III. Ringkasan
Ringkas semua butir kunci.
Ilhami audiens untuk menggunakan informasi yang Anda sampaikan.
Semangat!!!!!
BalasHapusGrup7 pasti bisa.... hahahaha.....
(Feptian)